Loading...

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda 2 - 5 Bulan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Usia 2, 3, 4, dan 5 Bulan - Menu makanan untuk ibu hamil muda menjadi perhatian khusus bagi pasangan suami istri yang sedang hamil dan ingin memiliki anak yang sehat.
Makanan Sehat Ibu Hamil
Asupan makanan atau gizi yang sehat di butuhan untuk ibu hamil untuk menghindari hal - hal yang tidak di inginkan bagi janin yang sedang di kandung seperti, keguguran atau cacat. Selain itu, gangguan kehamilan pada usia kehamilan trimester pertama sangat rentan dengan rasa mual, muntah dan hingga hilangnnya nafsu makan.

Maka dari itu, asupan gizi dan nutrisi yang baik di usia kehamilan trimester pertama sampai trimester kedua ( Usia Kehamilan 2, 3, 4, 5 Bulan) sangat penting guna menjaga kesehatan dan perkembangan janin.

Lalu, Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Seperti Apa Yang Bagus di Trimester Pertama dan Kedua,?

Bagi Para Ibu Hamil, untuk mendapatkan nutrisi atau vitamin yang bagus untuk janin bukan berarti harus memakan - makanan yang banyak namun tidak memperhatikan nutrisi dalam makanannya. 

Menu makanan sehat untuk ibu hamil, harus sesuai dengan kebutuhan janin dan sesuai dengan usia kandungannya, agar janin berkembang dengan baik dan sehat, serta terhindar dari resiko keguguran. 

Terlebih bagi ibu hamil di awal kehamilan, dimana akan terjadi perubahan hormon yang semakin sensitif dan akan mempengaruhi kehamilan. 

1 bulan Usia Kehamilan (Masuk usia Kehamilan Trimester Pertama)

Menurut Doket Ahli Dr. Raehanul Bahrean mengatakan bahwan, ada beberapa hal yang perlu di perhatiakn, terkait makanan untuk ibu hamil, yakni : 

"Fase kehamilan ini sangat perlu di perhatikan, karena awal - awal pembentukan janin dan pembentukan organ tubuh". Menu makananpu harus di perhatikan bagi ibu hamil dalam fase ini, karena sering mengalmi gangguan mual/muntah. 

Lantas untuk menjaga dan melancarkan pembentukan organ dan janin, ibu hamil di rekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang tidak baik bagi janin.

Makanan yang Harus Di hindari dalam Fase awal Kehamilan.
  • Makanan Instan, 
  • Junk Food,
  • Makanan mengandung gula berlebih. 
  • Minuman mengandunng soda.
  • Makanan pedas, tinggi lemak dll.
Makanan Sehat yang di Rekomendasikan. 
  • Makanan yang menggandung Protein, kalsium atau zat besi.
  • Buah - buahan. 
  • sayuran dan biji-bijian.
  • Susu serta lemak yang sehat. 
Nutrisi yang penting untuk ibu hamil muda adalah asam folat, untuk pembentukan otak janin di usia kehamilan trimester pertama. Asaf folat bisa di dapatkan dari buah - buahan atau sayur. 

Untuk menu makanannya, sebagai conto makanan sehat ibu hamil trimester pertama adalah sebagai berikut : 

Sarapan Pagi - Jus Buah, Nasi Goreng, telur, dan susu / susu khusus kehamilan. 
Makan Siang - Nasi, sayur bening, ikan, tempe / tahu, dan buah - buahan. 
Makan Malam - Nasi, daging, salad, dan susu / susu khusus kehamilan. 

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Usia 1 - 5 Bulan.

Pada prinsipnya, makanan sehat untuk ibu hamil muda harus memenuhi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya : 
  • Karbohidrat, misalanya : Nasi, Roti, atau Kentang. 
  • Sayuran. 
  • Buah - Buahan. 
  • Protein : Tahum, Tempe, Ayam, Telor, Daging Sapi dll.
  • Susu : seperti yogurt, susu, keju, susu kalsium dll. 
Beriktu ada tips untuk mememnuhi makanan untuk ibu hamil muda usia 2 - 5 Bulan.
  • Porsi sayuran lebih banyak daripada porsi nasi atau karbohidrat. 
  • Sering makan dengan porsi kecil seperti ngemil demi menghindari rasa mual. 
  • Makanan dengan memperhatikan 4 sehat 5 sempurna dan cukup 1 hari sekali dengan menu komplit. 
  • Waktu makan di anjurkan 5 kali makan dalam satu hari, 3 kali makanan Pokok dan 2 kali makanana kecil atau ngemil.
Vitamin Ibu Hamil 6996808612191861321

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Tips Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli S,pOG

Popular Posts