Loading...

Gerakan Senam Ibu Hamil Muda Usia kehamilan 3 - 6 Bulan

Senam ibu hamil muda usia kehamilan 3, 4, 5, 6 bulan atau trimester 1 dan 2 - Saat hamil bukan berarti tidak boleh melakukan aktivitas olahraga. Justru dengan melakukan gerakan olahraga seperti senam, akan mempermudah peredaran darah dan melancarakan persalinan.
Senam Ibu Hamil

Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan senam ibu hamil, seperti jenis gerakan senam dan waktu yang tepat untuk melakukan gerakan senam.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan gerakan senam ibu hami muda adalah dari mulai masuk usia kehamilan trimester ke 1 dan ke 2 atau pada saat usia kehamilan menginjak 3 sampai 6 bulan. Sementara itu untuk gerakan - gerakan senam , di rekomendasikan untuk memilih gerakan yang ringan dan lebih fokus pada peranafasan.

Berikut ini jenis gerakan senam ibu hamil muda yang bisa di lakukan dengan mudah dan yang pasti aman bagi bayi dalam kandungan.

Senam Ibu Hamil Muda Usia Kehamilan 3 - 6 Bulan. 

Pada dasarnya senam untuk ibu hamil beda trimester beda juga gerakan senamnya, ini karena di pengaruhi oleh perubuhan kondisi fisik ibu hamil dan juga kondisi janin yang berkembang setiap minggunya.

Maka gerakan senam per minggu atau bulanya berbeda- beda, berikut penjelasannya .

Senam Ibu Hamil Trimester Pertama (Usia Kehamilan 1 - 12 Minggu).

Latihan pernafasan adalah olahraga yang cocok untuk ibu hamil pada usia hamil trimester pertama. Ketika ibu hamil merasa cape gunakan latihan pernafasan guna relaksasi dan berfikir positif.

Latihan pernafasan bisa di lakukan dengan duduk bersila atau berbaring.
Senam Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil

Poin pentingnya adalah ketika melakukan gerakan latihan pernafasan, ibu hamil harus merasakan tenang, nyaman, relaks dan berfikir positif.
Baca Juga : 5 Merk Susu Ibu Hamil Muda Trimester Pertama.

Senam Ibu Hamil Trimester kedua (Usia Kehamilan 13 - 28 Minggu).

Pada saat menginjang usia kehamilan trimester kedua, ibu hamil bisa melakukan latihan dasar panggul. Gerakan senam pada usia kehamilan ini, ibu hamil bisa melakukan banyak gerakan untuk senam karena janin sudah mulai cukup kuat.

Ketika memasuki usia kehamilan 20 minggu, ibu hamil sudah bisa merasakan pergerakan bayi dalam perut. Biasanya ketika mulai merasakan pegerakan bayi, ibu hamil biasa merasakan sakit pinggang dan pegal pada punggungnya.

Tapi jangan khawatir, ibu hamil bisa melakukan gerakan merangkak dengan meluruskan punggungnya.
Senam Ibu Hamil
Jangan lupa juga untuk ibu hamil yang menginjak usia trimester kedua ini, di anjurkan untuk sering berjalan kaki sekitar 20-30 menit perhari, guna melancarkan persalinan.
Vitamin Ibu Hamil 114547897013945102

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Tips Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli S,pOG

Popular Posts