Loading...

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1, Trimester 2, dan Trimester 3

Kebutuhan Nutrisi ibu hamil harus dipenuhi dengan baik agar sang ibu tetap sehat dan janin yang terkandung berkembang dengan optimal.
nutrisi ibu hamil

Tubuh ibu hamil akan banyak mengalami perubahan baik dari fisik atau dari hormon, kebutuhan gizi atau nutrisi yang tepat dapar mempengaruhi kondisi yang di alami ibu hamil ke arah yang lebih sehat.

Dengan memenuhi gizi yang tepat pada ibu hamil, akan membuat ibu lebih sehat, kuat serta mengotimalkan perkembangan janin agar tidak terjadi hal - hal yang di inginkan.

Tetapi memenuhi asupan gizi tersebut bukan menambah porsi makanan, akan tetapi menambah nilai gizi dalam makanan yang lebih banyak mengandung vitamin serta mineral yang mendukung daya tahan tubuh dan perkembangan jabang bayi dalam rahim.

Berikut kandungan gizi atau nutrisi yang di butuhkan untuk ibu hamil selama mengandung, dari mulai trimester pertama, kedua sampai trimester ketiga.

Daftar Kandungan Nutrisi Ibu Hamil Selama Mengandung. 

nutrisi ibu hamil

  • Protein.
Protein dapat berguna untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan jaringan sel pada tubuh dan pada otak janin. Protein juga berperang penting dalam menyuplai aliran darah agar lebih lancar dan optimal. 

Para ahli / Bidan merekomendasikan agar ibu hamil mendapatkan asupan protein sekitar 70 - 100 gram perharinya, adapun sumber protein yang bisa didapatkan dari daging ayam, daging sapi, ikan, kacang - kacangan, tahu, tempe, dll.

  • Karbohindrat. 
Karbohidrat merupakan sumber kalori yang penting untuk ibu hamil. Sumber utama karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, kentang, sereal, pasta, buah dan sayur. 
  • Zat Besi.
Zat besi membantu meningkatkan volume darah dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena anemia. Asupan zat besi yang ideal untuk ibu hamil adalah sekitar 27 miligram per hari. Sumber zat besi bisa didapatkan dari bayam, salada, roti dan sereal. 
  • Kalsium. 
Selain baik untuk memperkuat tulang dan gigi ibu hamil, kalsium juga dibutuhkan untuk membentuk tulang, gigi, dan organ penting lainnya pada janin, selain itu kalsium juga akan membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot. 

Kebutuhan kalsium harian untuk ibu hamil sekitar 1000 mg selama kehamilan agar ibu hamil tetap sehat dan kuat, sumber terbaik kalsium bisa didapatkan dari susu, yogurt, bayam, salmon, dan ikan. 
  • Folat. 
Asam folat salah satu nutrisi yang paling penting yang wajib didapatkan oleh ibu hamil. Asam folat dibutuhkan ibu hamil untuk terhindar dari cacat fisik janin, karena asam folat pengaruh langsung pada pembentukan otak, organ tubuh, dan sum sum tulang. 

Kebutuhan asam folat yang harus dipenuhi ibu hamil sekitar 300 - 600 mg perhari selama mengandung. Adapun sumber asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau, telur, kacang - kacangan, stroberrry, lemon, dan mangga. 
Vitamin Ibu Hamil 142832071683896801

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Tips Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli S,pOG

Popular Posts